Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Kamis, 18 Agustus 2011

"Capital Investment Decision part 1"

Investment Capital

Bagaimana memilih investasi modal, apa yang dilakukan?
Investasi dibagi dua:
  1. Investasi independent.
  2. Investasi mutually exclusive.

 Sumber Gambar

1.) Investasi Independent; keputusan manajemen untuk menerima atau melakukan proyek tersebut tidak mempengaruhi investasi proyek yang lain.

2.) Investasi Mutually Exclusive;
perlu diperhatikan oleh manajemen, manajemen dihadapkan pada berbagai plihan proyek, manajemen memiliki salah satu proyek akan mempengaruhi proyek yang lain.(saling berkaitan satu proyek dengan proyek yang lain)

Yang menjadi perhatian perusahaan adalah bagaimana menentukan investasi yang tepat, sehingga memberikan keuntungan yang lebih besar daripada proyek-proyek yang lain.

Cara menghitung investasi yang tepat:
Dilihat dari reasonable return; cost dan cost opportunity yang dikeluarkan paling tidak kembali, lebih dari itu berarti keuntungan.

Cost Opportunity adalah (biaya kesempatan) yang hilang karena memilih salah satu pilihan proyek investasi.

Bagaimana perusahaan menentukan investasi atau tidak, ada beberapa cara (4 cara) kemudian diklasifikasikan menjadi dua:
1. Non Discounting
  • Payback Period (PBP)
  • Accounting Rate of Return (ARR)
2. Discounting
  • Net Present Value (NPV)
  • Internal Rate of Return (IRR)
Beda:
Non Discounting; tidak memperhitungkan nilai waktu dari uang.
Discounting; memperhitungkan nilai waktu dari uang.

Oleh: Nisma Islami SE.

"Analisis CVP (Cost Volume Profit) part 2"

Analisis CVP untuk multi product segmenting

Cara perhitungannya adl sbb:
untuk perusahaan yang menghasilkan lebih dari satu produk biasanya terdapat:
  • Direct fixed expense; pada saat memproduksi barang-barang produk, (bisa ditelusuri).
  • Common fixed expense; susah ditelusuri, susah menemukan cost volume profit product, tidak tahu untuk satu unit produk yang dihasilkan fixed expensenya berapa? untuk unit produk dua berapa? ex.: biaya administrasi, biaya utility dll

Contoh soal:
Whittier Company, menjual dua model mesin: Mulching Mower dijual dengan harga $400 dan Riding Mower dijual dengan harga $800. Departemen Pemasaran memutuskan bahwa 1200 Mulching Mower dan 800 Riding Mower dapat terjual pada tahun depan. Sales forecast:


Mulching Mowers
Riding Mowers
Total
Sales
$480,000
$640,000
$1,120,000
Less variable expenses
  390,000
  480,000
     870,000
Contribution margin
$  90,000
$160,000
$   250,000
Less direct fixed expenses
    30,000
    40,000
       70,000
Product Margin
$  60,000
$120,000
$   180,000
Less common fixed expenses


       26,250
            Operating income


$   153,750

BEP = FC / (P/U - VC/U)
note: FC yang dipakai hanya direct fixed expenses.

BEP untuk Mulching Mowers (MM) = $30,000 / $400-($390,000/1200 units)
                                                       = $30,000 / $400-$325
                                                       = $30,000 / $75
                                                       = 400 units

BEP untuk Riding Mowers (RM) = $40,000 / $800-($480,000/800 units)
                                                  = $40,000 / $800-$600
                                                  = $40,000 / $200
                                                  = 200 units

Sumber Gambar

Sales Mix (Bauran Penjualan)
Berapa kombinasi penjualan dua jenis barang yang dijual bersama-sama?
ex.: MM: 1200 units
      RM :  800 units
sehingga kombinasinya 3:2

Perusahaan bisa menjual dalam bersamaan 1200 units MM dan perusahaan juga bisa menjual secara bersamaan 800 units RM.

Artinya; setiap 3 units MM terdapat 2 units penjualan RM.
Sales mix = 3:2 (merupakan paket).
Satu paket tediri dari = 3 unit MM, 2 unit RM.

Menggunakan formula
BEP =   FC        
          CM/ PAKET

contoh:
P/U MM   = $400
VC/U RM = $800
VC MM    = $325
VC RM     = $600

Sehingga CM MM = $400-$325 = $75
               CM RM = $800-$600 = $200


Product
Unit Variable Price
Unit Contribution Margin
Sales Margin
Package Unit Contribution Mix
Margin
Mulching
$400
$325
$75
3
$225
Riding
800
600
200
2
$400
           
 $625

Sehingga CM/paket ditransplantasikan dalam bentuk paket; 3 MM dan 2 RM.

MM = 3 x $75   = $225
RM  = 2 x $200 = $400
        CM/paket  = $625

BEP = FC (direct fixed expenses + common fixed expenses)
                                          CM/paket
        = $70,000 + $26,250
                    625
        = 154 paket

artinya: minimal jumlah paket yang terjual pada satu periode = 154 paket. Satu paket terdiri dari 3MM dan 2RM.
Jumlah unit BEP MM = 3 x 154 units = 462 units.
Jumlah unit BEP RM = 2 x 154 units = 308 units.

by: Nisma Islami SE.

Jumat, 05 Agustus 2011

"Analisis CVP (Cost Volume Profit) part 1"

Volume: penjualan.
Profit   : laba yang dihasilkan.

Untuk apa belajar analisis CVP?
  1. Dengan CVP, manager bisa menentukan dalam periode penjualan, berapa unit minimal yang terjual sehingga target laba yang dicapai bisa diperoleh.
  2. Bagi manajer, manajer penjualan bisa menghitung berapa unit minimal yang terjual sehingga bagian penjualan break event point (impas, tidak laba/rugi) sehingga kos barang setidaknya tertutupi.
  3. Dengan CVP, perusahaan yang memproduksi lebih dari satu jenis produk (multiple product segmenting).

Bagaimana CVP digunakan oleh manajemen penjualan untuk mencapai BEP?
BEP adalah kondisi dimana penjualan atau total revenue (TR = TC), peruasahaan tidak laba atau rugi.

Perusahaan perlu untuk mengetahui BEP supaya manajemen penjualan tahu berapa minimal produk yang dijual agar penjualan tidak rugi.

CVP menggambarkan dampak penggunaan fixed cost (FC) pada BEP.
CVP menggambarkan hubungan antara price dengan profit (laba).

Cara menggunakan CVP pada BEP:
Hubungan ke-3 komponen:
  • Cost ® biaya produk = FC + VC.
  • Volume ® jumlah unit terjual.
  • Profit ® target laba yang diharapkan .
Dalam menghitung CVP, karena untuk menghitung BEP, melihat dulu labanya.
Laba = pendapatan – biaya
TC    = (harga jual x  X(unit)) – ((VC) x X(unit) + (FC))

Contoh: harga per unit = $12
              Biaya per unit =
                        Biaya bahan baku             =  $1.9
                        Biaya TKL                       =    2.85             
                        Biaya variabel overhead    =    1.25
                        Biaya variabel penjualan    =    2.00
                        ditotal untuk menjadi VC
              Biaya tetap = $44,000
              Total biaya penjualan dan administrasi = $37,900

Jawab:
Pendapatan = biaya (VC +  FC)
12X             = 8X + $81,900
12X – 8X    = $81,900
4X               = $81,900
X                 = 20.475 unit

Maka jumlah unit yang harus terjual untuk mencapai BEP adalah 20.475 unit ® tidak laba, tapi setidaknya biaya tertutupi.

Berapa total penjualan untuk mencapai BEP?
Penjualan = $12 x 20.475 unit
                = $245,700

Cara menghitung BEP menggunakan Contribution Margin:

Jumlah unit BEP = total FC : margin kontribusi/unit
 
 



Margin kontribusi adalah selisih antara pendapatan dengan VC.
Dinamakan margin kontribusi karena menunjukkan kontribusi pendapatan dalam mengcover VC.

Margin kontribusi/unit = harga per unit – VC per unit
 
 


Contoh: Total Fixed Cost (FC) = $81,900
              Margin kontribusi per unit = $12 - $8 = $4

Jumlah unit pada BEP = $81,900 : $4 = 20,475 unit.

Kalau terdapat perhitungan tidak genap (pecahan atau decimal) pada BEP maka, contoh:
20.450,7 = 20.451
20.450,2 = 20.451
Karena BEP merupakan jumlah minimal jadi dibulatkan ke atas.

Oleh: Nisma Islami, SE.