Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Kamis, 18 Agustus 2011

"Analisis CVP (Cost Volume Profit) part 2"

Analisis CVP untuk multi product segmenting

Cara perhitungannya adl sbb:
untuk perusahaan yang menghasilkan lebih dari satu produk biasanya terdapat:
  • Direct fixed expense; pada saat memproduksi barang-barang produk, (bisa ditelusuri).
  • Common fixed expense; susah ditelusuri, susah menemukan cost volume profit product, tidak tahu untuk satu unit produk yang dihasilkan fixed expensenya berapa? untuk unit produk dua berapa? ex.: biaya administrasi, biaya utility dll

Contoh soal:
Whittier Company, menjual dua model mesin: Mulching Mower dijual dengan harga $400 dan Riding Mower dijual dengan harga $800. Departemen Pemasaran memutuskan bahwa 1200 Mulching Mower dan 800 Riding Mower dapat terjual pada tahun depan. Sales forecast:


Mulching Mowers
Riding Mowers
Total
Sales
$480,000
$640,000
$1,120,000
Less variable expenses
  390,000
  480,000
     870,000
Contribution margin
$  90,000
$160,000
$   250,000
Less direct fixed expenses
    30,000
    40,000
       70,000
Product Margin
$  60,000
$120,000
$   180,000
Less common fixed expenses


       26,250
            Operating income


$   153,750

BEP = FC / (P/U - VC/U)
note: FC yang dipakai hanya direct fixed expenses.

BEP untuk Mulching Mowers (MM) = $30,000 / $400-($390,000/1200 units)
                                                       = $30,000 / $400-$325
                                                       = $30,000 / $75
                                                       = 400 units

BEP untuk Riding Mowers (RM) = $40,000 / $800-($480,000/800 units)
                                                  = $40,000 / $800-$600
                                                  = $40,000 / $200
                                                  = 200 units

Sumber Gambar

Sales Mix (Bauran Penjualan)
Berapa kombinasi penjualan dua jenis barang yang dijual bersama-sama?
ex.: MM: 1200 units
      RM :  800 units
sehingga kombinasinya 3:2

Perusahaan bisa menjual dalam bersamaan 1200 units MM dan perusahaan juga bisa menjual secara bersamaan 800 units RM.

Artinya; setiap 3 units MM terdapat 2 units penjualan RM.
Sales mix = 3:2 (merupakan paket).
Satu paket tediri dari = 3 unit MM, 2 unit RM.

Menggunakan formula
BEP =   FC        
          CM/ PAKET

contoh:
P/U MM   = $400
VC/U RM = $800
VC MM    = $325
VC RM     = $600

Sehingga CM MM = $400-$325 = $75
               CM RM = $800-$600 = $200


Product
Unit Variable Price
Unit Contribution Margin
Sales Margin
Package Unit Contribution Mix
Margin
Mulching
$400
$325
$75
3
$225
Riding
800
600
200
2
$400
           
 $625

Sehingga CM/paket ditransplantasikan dalam bentuk paket; 3 MM dan 2 RM.

MM = 3 x $75   = $225
RM  = 2 x $200 = $400
        CM/paket  = $625

BEP = FC (direct fixed expenses + common fixed expenses)
                                          CM/paket
        = $70,000 + $26,250
                    625
        = 154 paket

artinya: minimal jumlah paket yang terjual pada satu periode = 154 paket. Satu paket terdiri dari 3MM dan 2RM.
Jumlah unit BEP MM = 3 x 154 units = 462 units.
Jumlah unit BEP RM = 2 x 154 units = 308 units.

by: Nisma Islami SE.

Tidak ada komentar: