Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Jumat, 05 Agustus 2011

"Analisis CVP (Cost Volume Profit) part 1"

Volume: penjualan.
Profit   : laba yang dihasilkan.

Untuk apa belajar analisis CVP?
  1. Dengan CVP, manager bisa menentukan dalam periode penjualan, berapa unit minimal yang terjual sehingga target laba yang dicapai bisa diperoleh.
  2. Bagi manajer, manajer penjualan bisa menghitung berapa unit minimal yang terjual sehingga bagian penjualan break event point (impas, tidak laba/rugi) sehingga kos barang setidaknya tertutupi.
  3. Dengan CVP, perusahaan yang memproduksi lebih dari satu jenis produk (multiple product segmenting).

Bagaimana CVP digunakan oleh manajemen penjualan untuk mencapai BEP?
BEP adalah kondisi dimana penjualan atau total revenue (TR = TC), peruasahaan tidak laba atau rugi.

Perusahaan perlu untuk mengetahui BEP supaya manajemen penjualan tahu berapa minimal produk yang dijual agar penjualan tidak rugi.

CVP menggambarkan dampak penggunaan fixed cost (FC) pada BEP.
CVP menggambarkan hubungan antara price dengan profit (laba).

Cara menggunakan CVP pada BEP:
Hubungan ke-3 komponen:
  • Cost ® biaya produk = FC + VC.
  • Volume ® jumlah unit terjual.
  • Profit ® target laba yang diharapkan .
Dalam menghitung CVP, karena untuk menghitung BEP, melihat dulu labanya.
Laba = pendapatan – biaya
TC    = (harga jual x  X(unit)) – ((VC) x X(unit) + (FC))

Contoh: harga per unit = $12
              Biaya per unit =
                        Biaya bahan baku             =  $1.9
                        Biaya TKL                       =    2.85             
                        Biaya variabel overhead    =    1.25
                        Biaya variabel penjualan    =    2.00
                        ditotal untuk menjadi VC
              Biaya tetap = $44,000
              Total biaya penjualan dan administrasi = $37,900

Jawab:
Pendapatan = biaya (VC +  FC)
12X             = 8X + $81,900
12X – 8X    = $81,900
4X               = $81,900
X                 = 20.475 unit

Maka jumlah unit yang harus terjual untuk mencapai BEP adalah 20.475 unit ® tidak laba, tapi setidaknya biaya tertutupi.

Berapa total penjualan untuk mencapai BEP?
Penjualan = $12 x 20.475 unit
                = $245,700

Cara menghitung BEP menggunakan Contribution Margin:

Jumlah unit BEP = total FC : margin kontribusi/unit
 
 



Margin kontribusi adalah selisih antara pendapatan dengan VC.
Dinamakan margin kontribusi karena menunjukkan kontribusi pendapatan dalam mengcover VC.

Margin kontribusi/unit = harga per unit – VC per unit
 
 


Contoh: Total Fixed Cost (FC) = $81,900
              Margin kontribusi per unit = $12 - $8 = $4

Jumlah unit pada BEP = $81,900 : $4 = 20,475 unit.

Kalau terdapat perhitungan tidak genap (pecahan atau decimal) pada BEP maka, contoh:
20.450,7 = 20.451
20.450,2 = 20.451
Karena BEP merupakan jumlah minimal jadi dibulatkan ke atas.

Oleh: Nisma Islami, SE.

Tidak ada komentar: