Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Jumat, 22 Maret 2013

"Apa itu Lasik??"

Pada jaman dulu orang yang mempunyai penglihatan kabur atau tidak jelas, baik itu rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropia), dan silinder (astigmatism) harus menggunakan alat bantu penglihatan berupa kacamata atau lensa kontak. Ketika rabun jauh memiliki tingkat minus semakin tinggi, maka lensa kacamata yang dipakai juga semakin tebal. Tentunya ini kadang menyulitkan dan mengganggu penggunanya. Namun semua kesusahan tersebut dapat diatasi dengan sebuah prosedur operasi yaitu operasi Lasik. Setelah anda melakukan operasi Lasik, maka anda tidak membutuhkan bantuan kacamata atau lensa kontak untuk dapat melihat dengan jelas. 

http://www.sflorg.com/sciencenews/images/imscn050306_03_01.jpg

Lasik (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) yaitu prosedur untuk memperbaiki penglihatan yang kabur atau rusak dengan menggunakan sinar laser. Lasik merupakan operasi mengubah bentuk kornea mata secara permanen untuk meningkatkan kualitas penglihatan dan mengurangi ketergantungan orang pada penggunaan kacamata atau lensa kontak. Prosedur operasi Lasik mudah dan tidak memerlukan rawat inap untuk pasien karena hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja. Operasi Lasik juga tidak memerlukan perban ataupun jahitan dan tidak menimbulkan rasa nyeri yang sangat. Kemungkinan operasi Lasik berhasil yaitu sekitar 90%.

Operasi Lasik memang memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi tetapi operasi Lasik juga menyimpan resiko tersendiri. Kornea mata yang telah dioperasi Lasik tidak bisa dikembalikan seperti semula. Hasil operasi Lasik yang didapatkan oleh masing-masing pasien bisa berbeda-beda. Terdapat kemungkinan risiko setelah operasi Lasik penglihatan bisa menjadi lebih buruk, contohnya jika pada malam hari penglihatan lebih sensitif terhadap cahaya (silau) dan terdapat lingkaran-lingkaran cahaya. Operasi Lasik juga berpotensi menimbulkan gejala mata kering sehingga pasien harus sering-sering menggunakan obat tetes mata. Jika akan memutuskan untuk melakukan operasi Lasik sebaiknya operasi Lasik ini dilakukan oleh dokter dan tempat operasi yang sudah dikenal memiliki reputasi yang bagus di bidang operasi Lasik karena jika tidak berhati-hati yang ada bukannya penglihatan menjadi lebih baik tetapi penglihatan malah lebih buruk dari sebelumnya.

Tidak ada komentar: