Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Senin, 14 November 2011

"Manfaat Tanaman Hias Sanseviera"

http://sapergalleries.com/
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh badan antariksa Amerika Serikat (NASA) selama 25 tahun, lidah mertua terbukti mampu menyerap beragam unsur polutan (107 unsur) berbahaya di udara seperti karbon monoksida dan timbal. Menurut penelitian yang dapat diakses di www.zone10.co/tech/NASA/sick.bid.html itu jenis lain seperti dracaena memiliki fungsi serupa sanseviera.

Penelitian NASA yang dipicu maraknya penyakit yang menimpa para pekerja kantoran-sick building syndrome-di negeri Paman Sam itu mengungkapkan peran sanseviera yang mengandung bahan aktif pregnane glikosid dalam mereduksi polutan. Polutan yang diserap akan dihancurkan melalui proses metabolic breakdown menjadi asam organik, gula dan beberapa senyawa asam amino.
Dalam penelitian lain yang dilakukan Wolverton Enviromental Service terungkap sanseviera mampu menyerap senyawa kimia berbahaya seperti kloroform, benzena, xylene, formaldehid, dan tricholoroethylene.Formaldehid misalnya memiliki ambang batas 0.173 µg/liter/9,3 m2 . Sebuah ruangan berukuran luas 75 meter persegi dengan volume udara 22.640 liter rata-rata memiliki kadar formaldehid 3,917 µg/liter. Jumlah di atas standar itu dapat dikurangi dengan menaruh sanseviera. Hasil penelitian yang hingga kini masih berjalan menunjukkan setiap helai daun mertua disinyalir bisa menyerap 0,989 µg/jam formaldehid. Artinya, untuk ruang 75 meter persegi saja cukup ditaruh 4 daun sanseviera dewasa agar udara bebas dari polutan.

Tidak ada komentar: