2.bp.blogspot.com/ |
TQM adalah sebuah filosofi operasional yang
menekankan komitmen pada kepuasan pelanggan dan peningkatan berkelanjutan. TQM
melibatkan komitmen pada kualitas, keunggulan, dan menjadi yang terbaik dalam
seluruh fungsi. Menurut R. J. Schonberger, empat tujuan dalam TQM:
-
Kualitas
produk dan jasa yang lebih bak dan sedikit variabel;
-
Respon
yang lebih cepat dan sedikit variabel dalam memproses kebutuhan pelanggan;
-
Fleksibilitas
yang lebih besar dalam penyesuaian terhadap perubahan kebutuhan pelanggan; dan
-
Biaya
yang lebih rendah melalui peningkatan kualitas dan eliminasi pekerjaan yang
tidak memiliki nilai tambah.
TQM berusaha mengurangi biaya serta meningkatkan
kualitas.
Berikut ini elemen-elemen penting dalam TQM:
ü
Fokus
yang kuat terhadap kepuasan pelanggan.
ü
Pelanggan
adalah internal dan eksternal.
ü
Pengukuran
yang akurat terhadap seluruh variabel kritis dalam operasi perusahaan.
ü
Peningkatan
berkelanjutan pada produk dan jasa.
ü
Hubungan
kerja yang baru yang didasarkan pada saling percaya dan kerja tim.
By: Nisma Islami S.E
Tidak ada komentar:
Posting Komentar