Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Kamis, 21 Juni 2012

"Total Quality Management (TQM)"


2.bp.blogspot.com/
TQM adalah sebuah filosofi operasional yang menekankan komitmen pada kepuasan pelanggan dan peningkatan berkelanjutan. TQM melibatkan komitmen pada kualitas, keunggulan, dan menjadi yang terbaik dalam seluruh fungsi. Menurut R. J. Schonberger, empat tujuan dalam TQM:
-        Kualitas produk dan jasa yang lebih bak dan sedikit variabel;
-        Respon yang lebih cepat dan sedikit variabel dalam memproses kebutuhan pelanggan;
-        Fleksibilitas yang lebih besar dalam penyesuaian terhadap perubahan kebutuhan pelanggan; dan
-        Biaya yang lebih rendah melalui peningkatan kualitas dan eliminasi pekerjaan yang tidak memiliki nilai tambah.

TQM berusaha mengurangi biaya serta meningkatkan kualitas.
Berikut ini elemen-elemen penting dalam TQM:
ü      Fokus yang kuat terhadap kepuasan pelanggan.
ü      Pelanggan adalah internal dan eksternal.
ü      Pengukuran yang akurat terhadap seluruh variabel kritis dalam operasi perusahaan.
ü      Peningkatan berkelanjutan pada produk dan jasa.
ü      Hubungan kerja yang baru yang didasarkan pada saling percaya dan kerja tim.


By: Nisma Islami S.E

Tidak ada komentar: