Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Minggu, 28 Oktober 2012

"Tipe-tipe Nilai Organisasi"

http://bangfajars.files.wordpress.com/2011/10/organization-alignment.jpg

 Tipe nilai-nilai organisasi menurut Karbanof dan Daly:
  1. Tipe Elite merupakan tipe nilai-nilai organisasi yang merepresentasikan “ketidakmerataan secara murni” dalam hal kekuasaan tidak terdistribusi secara merata yang dikombinasikan dengan orientasi ketidakmerataan yang lainnya. Elite values lebih mementingkan authority – hubungan kekuasaan yang tidak merata (sentralistik) dan mementingkan kinerja dan reward, sementara nilai-nilai egalitarian power seperti partisipasi dan norma, dan nilai-nilai kohesivitas seperti afiliasi, teamwork, commitment dan leadership tidak mendapat perhatian.
  2. Tipe Leader ship, pada tipe ini nilai-nilai ketidakmerataan kekuasaan seperti pada tipe elite (authority, performance and reward) tetap dipertahankan di samping ditakankan pula pentingnya nilai-nilai kohesivitas  (afialisasi, teamwork, commitment  dan leadership).
  3. Tipe Meritocratic merupakan kombinasi antara nilai-nilai efisien (performance dan reward) dengan nilai-nilai kesetaraan (equality) yakni afiliasi, teamwork, commitment, participation dan normative.
  4. Tipe Collegial merupakan tipe nilai-nilai organisasi yang menekankan pentingnya nilai-nilai kesetaraan seperti afiliasi, teamwork, commitment, participation dan normative.
 
Tipe nilai-nilai organisasi menurut Wiener:
  1. Functional-traditional values adalah nilai-nilai organisasi yang bersifat fungsional dan berasal dari generasi sebelumnya. Diyakini bisa memberi kontribusi terhadap efektivitas kinerja organisasi karena (1) partisipasi yang cukup luas di kalangan anggota organisasi dan (2) nilai-nilai sukar diadaptasi oleh organisasi lain mengingat proses terbentuknya yang bersifat gradual.
  2. Elitist-charismatic values merupakan system nilai yang dikhawatirkan tidak memberi kontribusi keberhasilan organisasi jangka panjang.
  3. Functional-charismatic values merupakan representasi dari tipe nilai yang bersifat fungsional yang diyakini akan memberi kontribusi terhadap efektivitas organisasi. Nilai-nilai organisasi yang bersifat transional, kalau tipe ini bertahan melewati satu generasi akan berubah menjadi tipe nilai fuctional-traditional values.
  4. Elitist-traditional values dimana tipe ini mensinyalkan adanya nilai-nilai elitist yang stabil dan bertahan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Tidak ada komentar: