Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Jumat, 25 Februari 2011

"Pembuatan Kompos Sederhana (Part 2)"

Kelanjutan dari proses pembuatan kompos sederhana:
7. Perlakuan selanjutnya sama dengan perlakuan yang pertama dan sampah organic kedua juga diaduk sebagaimana sampah pertama dan ditutup kembali, pada hari 7-10 biasanya sudah terjadi proses pembusukan sehingga terjadi penurunan sampah dalam tong/ember/pot/bak, begitu seterusnya hingga perlakuan sampah yang ketiga, sampai tong/ember/pot/bak penuh dan lapisan yang terakhir/paling atas agar diaduk terlebih dahulu seperti lapisan di bawahnya.
 
8. Setelah penuh ditempatkan pada suatu tempat yang aman, baik dari gangguan hewan, anak-anak dan tidak kena hujan atau sinar matahari secara langsung.

9. Setelah 30-45 hari, maka kompos sudah jadi, tahap awal kompos dibongkar dan diangin-anginkan dalam suatu tempat, jangan kena sinar matahari secara langsung, ciri-ciri kompos yang sudah jadi adalah yang pertama apabila dikepal pada tangan maka akan membekas seperti kepalan tangan kita, namun bila disentuh akan pecah dan yang kedua kompos tersebut tidak berbau sesuai dengan aslinya.

Sedangkan kompos dapat digunakan untuk memupuk tanaman dalam pot, untuk penanaman tanaman sayuran seperti lombok, tomat, terung,kangkung darat, kobis, onclang, sawi, adas dll dalam skala kecil, namun bila diproduksi secara besar-besaran dapat digunakan pemupukan pada tanaman buah-buahan, pemupukan padi sawah atau dijual. Apabila tempat tersebut penuh dapat diupayakan membuang ditempat yang lain, sesuai dengan kemampuan dan kondisi setempat baik dalam tong/ember/pot atau bak komunal.

sumber: Alm Bpk Bandot Supriyadi ST
diolah diedit oleh nice_ma

Tidak ada komentar: