Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Rabu, 02 Maret 2011

Cegah Penyakit dengan Bawang Merah

Bawang merah yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ternyata mengandung berbagai zat yang berkhasiat dalam mencegah berbagai penyakit. Menurut penelitian, bawang merah mengandung kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C, zat untuk melancarkan buang air kecil dan buang air besar, zat yang sesuai untuk perut dan menguatkan anggota badan. Berikut berbagai khasiat bawang merah:

Pencernaan terganggu
Hancurkan dan campurlah bawang merah dengan madu.

Untuk mengatasi masuk angin
Sediakan perasan bawang merah dan halba (sejenis tumbuhan yang bijinya dibuat obat atau digunakan sebagai rempah-rempah), rebus setengah gelas. Tambahkan madu dan minumlah sekali sehari.

Sembelit
Siapkanlah bawang merah yang sudah dihancurkan sebanyak setengah gelas, satu gelas susu, kemudian larutkan. Minumlah campuran tersebut setiap pagi sampai sembelitnya.

Mengatasi mencret
Siapkanlah setengah gelas bawang merah yang sudah dikupas, biji kopi yang sudah ditumbuk dan madu setengah gelas, lalu aduk.

Bawang merah pun dapat mengatasi sistem peredaran darah, yaitu radang limpa, tekanan darah dan angina pektoris. Bawang merah pun dapat mengatur sistem pembuangan, seperti penyakit kencing manis, radang prostat, lemah syahwat, encok dan ginjal. Selain itu, bawang merah juga dapat mengatur sistem pernapasan, mengobati mata bengkak dan selaput putih di mata.





Tidak ada komentar: