Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Jumat, 25 Maret 2011

Jika Terkena Gas Air Mata

Untuk membubarkan aksi demonstrasi petugas keamanan biasanya terpaksa menembakkan gas air mata untuk membubarkan keramaian tersebut. Nah, jika Anda terjebak di dalamnya dan terkena dampak meledaknya gas pemedih mata tersebut, apakabar@clark.net memberikan solusi sebagai berikut:
  • Segeralah/secepat-cepatnya menjauh dari lokasi tersebut dan cari ruang/area yang udaranya benar-benar bersih dari gas tersebut. Hiruplah oksigen bersih sebanyak-banyaknya.
  • Bila Anda sudah terkontaminasi, jangan sekali-kali mengsap mata dengan tangan, tahan dulu, segeralah cari air bersih lalu basuh muka dengan air tersebut berkali-kali. Tapi ingat jangan diusap dengan tangan, gunakan saputangan/handuk, kalau tak ada gunakan pakaian Anda (sisi yang bersih) secara lembut dan perlahan-lahan sampai perihnya/pedasnya berkurang.
  • Usahakan berada di ruang/area yang udaranya benar-benar bersih, sebab jika tidak percuma saja.
  • Jika masih terasa, pergilah ke dokter untuk dinetralisir racunnya.
Menurut keterangan petugas yang telah mencobanya, gas air mata yang paling jahat adalah gas buatan Korea dibandingkan buatan Jerman atau Amerika (barangkali Korea sudah biasa menangani unjuk rasa sehingga tahu membuat gas yang 'pas' buat orang Asia), bila sudah terkontaminasi cukup parah, efeknya sampai tiga hari lebih.

3 komentar:

Gaphe mengatakan...

wah, jangan sampe kena deh. parah gitu efeknya. Lagian emang bener koq, walaupun nggak menmatikan tapi cukup ampuh mengusir unjuk rasa

m4.niniez mengatakan...

kayak paa ya rasanyaa...
psti lbh parah dr pd kecolok cabe d mata...

m4.niniez mengatakan...

@udah basi: selamat pagi juga.. wah trimakasih awardnya.. ini award sy yg pertama... trm ksh... ^__^